7 Rekomendasi Tempat Wisata di Blitar 2020

Update:

Tempat wisata di Blitar tak kalah menarik dibanding destinasi lain Tanah Air Indonesia, lho! Anda beserta keluarga bisa menikmati indahnya Kota Blitar lewat segudang tujuan menarik. Bukan cuma itu, Anda juga bisa melakukan wisata sejarah ke tempat-tempat historis.

Sebelumnya, perlu dijelaskan bahwa Blitar adalah kota yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur, Indonesia; sekitar 167 km sebelah barat daya Surabaya dan 80 km barat Malang. Blitar terkenal sebagai tempat dimakamkannya presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Selain disebut sebagai Kota Proklamator dan Kota Patria, kota ini juga disebut sebagai Kota Peta (Pembela Tanah Air) karena di bawah kepemimpinan Soeprijadi, Laskar Peta melakukan perlawanan terhadap pemerintahan Jepang untuk pertama kalinya pada tanggal 14 Februari 1945.

Ikan koi yang populer di Jepang dapat dibudidayakan dengan baik di kota ini sehingga memberikan julukan tambahan sebagai Kota Koi. Ragam budaya mengarungi Blitar, namun tak menyurutkannya sebagai salah satu kota berkarakter di Indonesia.

Saat ini, Blitar tumbuh sebagai kota modern yang kian memudahkan para turis—baik asing maupun domestik—untuk berlibur ke sana. Seiring waktu, potensi wisata kian membesar dn jadi favorit masyrakat luas. Perkembangan tersebut juga diimbangi ikeg pembangunan akomodasi.

Penasaran dengan 7 rekomendasi tempat wisata di Blitar 2019 yang patut Anda kunjungi? Agar lebih jelas, yuk simak di bawah ini!

Wisata Alam Telaga Pacuh Blitar

wisata alam pacuh
wisata alam telaga pacuh

Telaga Pacuh adalah rekomendasi tempat wisata di Blitar 2019 selanjutnya yang patut Anda sambangi. Lokasinya terletak di Dusun Paco, Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar—tidak begitu jauh dari Candi Penataran di Blitar.

Berdasarkan pengamatan tim Mblitar.net sebelumnya, tempat ini dibuat sebagai tempat penampungan air irigasi. Namun karena memiliki potensi wisata, Telaga Pacuh kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata.

Tak sebatas destinasi wisata alam, Telaga Pacuh memiliki potensi ikan yang cukup banyak. Itulah alasan mengapa banyak orang memancing di tempat ini. Pemandangan telaga yang indah dan pepohonan rindang, bisa Anda dapatkan hanya di Telaga Pacuh.

Telaga dan Candi Rambut Monte

Wisata Alam Rambut Monte Blitar
Wisata Alam Rambut Monte Blitar

Rambut Monte merupakan sebuah tempat wisata bersejarah sekaligus budaya di Blitar yang terletak di lereng Gunung Kawi, tepatnya Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, sekitar 40 sampai 60 menit perjalanan dari Kota Blitar. Tempatnya asyik dan patut Anda kunjungi.

Terdapat sebuah candi—hanya tinggal bagian kakinya saja—yang ditata sedemikian rupa dan sudah bukan mirip dengan bentuk aslinya. Meski begitu, cagar budaya ini menjadi rekomendasi tempat wisata di Blitar 2019 yang tak boleh Anda lewatkan.

Selain candi, Anda dapat menikmati keindahan Telaga Rambut Monte. Konon, terdapat ikan purba jelmaan dewa yang masih menempati telaga tersebut sampai sekarang. Wow, benar atau tidak ya? Bila penasaran, Anda bisa datang ke sini bersama keluarga.

Agrowisata Belimbing di Karangsari

Agrowisata Karangsari
Agrowisata Karangsari

Kebun belimbing yang dibuka untuk agrowisata ini, terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar—tidak jauh dari lokasi Sambel Pecel Karangsari yang terkenal. Luas mencapai 5 hektar dan merupakan tanah bengkok.

Saat ini, Agrowisata Belimbing Karangsari hanya bisa dikunjungi pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional. Pada hari biasa, kawasan ini tertutup untuk publik. Berencana untuk datang? Sebaiknya, luangkan waktu di akhir pekan Anda.

Jenis belimbing yang tersedia di kawasan Agrowisata Belimbing Karangsari adalah belimbing karangsari merah dengan ukuran besar, warna orange dan rasa yang manis. Jam operasional dimulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Pantai Tambakrejo yang Populer

pemandangan pantai tambak rejo
salah satu sudut pantai tambak rejo

Tak salah lagi, Pantai Tambakrejo bisa jadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Blitar 2019. Sejak dahulu sampai sekarang, Pantai Tambakrejo selalu digemari oleh para pengunjung bahkan masyarakat Blitar dan sekitarnya. Wajib buat didatangi!

Pantai Tambakrejo terbagi menjadi 3 bagian. Pertama yakni ujung timur berupa pantai berpasir, bagian tengah pantai dengan pemecah ombak, lalu paling barat merupakan pantai dengan pembangunan dermaga kapal.

Tunggu sampai senja tiba, lalu lihat keindahan yang terpampang di sana. Begitu eksotis dan bisa jadi objek foto menarik! Tak hanya itu, Anda dapat menikmati beragam sajian kuliner di pesisir pantai dengan menu utama ikan laut. Rasanya mantap!

Lokasi Pantai Tambakrejo sekitar 30 km dari Kota Blitar dan dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan dari pusat kota. Anda tidak perlu ragu karena ombak di sini tidak terlalu besar. Meski begitu, tetaplah hati-hati dan utamakan keselamatan diri sendiri serta keluarga.

Wisata Makam Bung Karno

makam bung karno
makam bung karno

Setelah puas berpetualang menjelajahi rekomendasi tempat wisata di Blitar 2019 barusan, kini saatnya datang berkunjung ke tempat legendaris yakni Makam Bung Karno. Tentu saja tujuannya adalah berwisata, bukan buat hal-hal berbau mistis.

Wajar jika Blitar disebut sebagai Kota Proklamator, mengingat di sinilah Soekarno bersemayam. Lokasinya berada di Desa Bendogerit, sekitar 3 Km dari pusat Kota Blitar. Tak hanya berziarah, ada pula perpustakaan berisi koleksi buku dan tulisan tangan asli Bung Karno, serta museum yang menyimpan berbagai benda milik presiden pertama Indonesia tersebut.

Taman Pecut

Jangan salah, wisata dalam kota juga tak kalah menarik dibanding alamnya. Ya, Anda bisa mengunjungi Taman Pecut yang terletak di jantung Kota Blitar, tepatnya Jalan Merdeka, Kepanjen Lor, Kepanjen Kidul.

Taman Pecut diresmikan pada pertengahan tahun 2017 oleh Wali Kota, yaitu Samanhudi Anwar. Luas tempat ini sekitar 1 Hektar, dilengkapi dengan air mancur berwarna-warni yang bisa menari dan akan beratraksi pada hari-hari tertentu, yaitu Sabtu pukul 19.30 hingga 21.00 WIB.

Penamaan Taman Pecut diambil dari patung berbentuk tangan yang sedang memegang pecut di tengah kolam. Menurut mitos, simbol tersebut menggambarkan sebuah Pecut Samandiman, pusaka yang digunakan oleh Adipati Blitar untuk menghalau amukan lahar dari Gunung Kelud.

***

Wah, seru sekali ya 7 rekomendasi tempat wisata di Blitar 2019 ini! Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat mengasyikkan yang tak boleh Anda lewatkan. Namun sebelum menjajal semuanya, jajal dahulu deretan destinasi di atas. Selamat berkunjung!

%d bloggers like this: