Goa Kedungkrombang

Goa Kedungkrombang belakangan semakin populer sebagai salah satu alternatif wisata goa di Blitar selain Goa Umbultuk yang sudah populer sejak dulu. Goa kedungkrombang ini secara administratif terletak di Desa Serang, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar.

Berbeda dengan Goa Umbultuk yang cenderung basah, Goa Kedungkrombang ini relatif kering, mudah untuk dilalui dan sudah dilengkapi dengan pencahayaan sehingga tidak terlalu gelap. Mau tahu bagaimana dalamnya Goa Kedungkrombang ini?

Kondisi Goa Kedungkrombang

Goa Kedungkrombang

Untuk masuk ke dalam Goa Kedungkrombang pengunjung bisa menuruni anak tangga yang dengan pagar teralis untuk pengaman. Mulut goa juga cukup lebar sehingga bisa dijangkau oleh siapa saja

Dalam Goa cukup luas dan lebar dengan sirkulasi udara yang baik karena ujung goa merupakan hutan. Sehingga tidak ada masalah apabila masuk ke dalam goa dengan rombongan yang banyak.

Jalan di dalam goa juga sudah di cor menggunakan bebatuan goa, selain itu juga terdapat teralis pagar di beberapa titik jalan sehingga pengunjung bisa berjalan dengan aman di dalam goa. Terdapat stalaktit yang indah apabila terkena sorot lampu yang ada di dalam goa

Meski dihuni kelelawar, Goa ini relatif bersih dan tidak ada bebauan yang mengganggu. Mungkin karena baiknya sirkulasi udara antara goa dengan hutan yang ada di ujung goa.

Mendekati ujung goa, terdapat sebuah batu yang dipercaya digunakan bersemedi oleh pengikut pangeran Diponegoro dan Sudanco Supriyadi.

Rute, Akses dan Tiket

Goa Kedungkrombang berada tidak jauh dari Kantor Desa Serang, dapat diakses menggunakan motor maupun mobil. Sudah ada parkiran yang cukup luas untuk motor dan mobil.

Goa Kedungkrombang dikelola oleh BUMDes dan belum ada tiket masuk / htm. Hanya diminta untuk mengisi kotak secara sukarela. Setiap kita turun akan diantar warga lokal yang bisa menjelaskan bagian dalam dari Goa Kedungkrombang ini.

%d bloggers like this: