Kolam Sumur Ember Kandangan Srengat

Situs mblitar.net ini sudah berusia lebih dari satu tahun, ternyata setelah setahun menjelajahi Blitar masih banyak tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi untuk melepaskan penat dan menyegarkan pikiran. Salah satu tempat menarik yang bisa dijadikan alternatif adalah Sumur Ember Kandangan, ada juga yang menyebutnya Sumber Kandangan. Penasaran ada apa saja di tempat ini?

Kolam Renang Alami Sumur Ember Kandangan

Sumur Ember Kandangan
Sumur Ember Kandangan

Sumur Ember yang terletak di Desa Kandangan, Kec. Srengat Kab. Blitar. Sumber alami yang kemudian dijadikan kolam alami dengan dinding batu ini bisa anda gunakan untuk menyegarkan tubuh. Airnya yang jernih dengan ikan-ikan kecil yang menarik bisa anda manfaatkan untuk merasakan sensasi terapi ikan. Syaratnya anda hanya perlu bediam diri di kolam dan biarkan ikan-ikan tersebut mendekat.

Untuk menikmati kesegaran kolam ini, anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Anda cukup mengisi kotak amal yang tersedia di pintu masuk. Berbeda dengan sumber dandang yang memiliki kedalaman hingga 3 meter. Di tempat ini kedalaman air sekitar 1.5 meter saja. Sehingga aman untuk anak usia berapapun yang berlatih renang. Selain itu luas kolamnya juga tidak terlalu lebar, hanya sekitar 30 meter x 30 meter dengan dasar kolam berupa pasir.

Sudah ada ruang yang bisa anda gunakan untuk ganti. Apabila anda ingin membilas dengan sabun, ada baiknya tidak dilakukan di kolam tersebut. Anda bisa membilas di bagian bawah kolam ini yang merupakan aliran irigasi. Tapi tetap saja tidak di rekomendasikan. Karena airnya benar-benar bersih dan bebas dari kaporit.

Rute Menuju Sumur Ember Kandangan

Anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Aloon Aloon Blitar untuk menuju tempat ini, karena jaraknya tidak terlalu jauh. Anda bisa ikuti rute menuju Kediri hingga sampai di Tugurante. Kemudian ambil jalan desa lurus untuk menuju sumber kandangan. Supaya tidak tersesat, anda bisa menggunakan peta di bawah ini

Semoga sumber kandangan ini bisa kita jaga bersama sehingga bisa memberikan kesegaran untuk siapapun yang datang ke tempat ini. Pepohonan besar membuat kolam ini tidak tampak dari satelit google map, karena tempatnya rimbun dan anda tidak perlu membawa bekal karena ada warung kopi dengan harga yang normal.