Mantai di Blitar Serasa di Lombok

pantai gondo mayit
pantai gondo mayit

Berbicara soal pantai, salah satu keinginanku adalah mengunjungi pantai-pantai yang ada di Indonesia Timur, yang keindahannya memang sudah dikenal di kancah domestik maupun internasional. Pantai dengan pasir dan pemandangan laut yang indah, membuat siapapun orang memasukkan pantai Indonesia Timur menjadi bucket list mereka.

Lombok. Jika menyebutkan salah satu pulau yang masuk dalam wilayah Indonesia Timur ini, pasti akan membuat banyak penikmat pantai yang berdecak kagum. Bagaimana tidak? Beberapa tahun belakangan, Lombok menjadi perbincangan banyak orang dikarenakan keindahannya memang sudah tak diragukan lagi. Pasir pantainya yang putih bersih, laut yang memang dijaga keindahan dan kebersihannya, serta pemandangannya yang banyak orang menyebutnya surga dunia. Entah kapan aku bisa kesana, yang penting masukin keinginan ini dulu di bucket list hehehe (Pasti bakal ada jalan :D). Coba deh Klik Di sini untuk lihat daftar tempat wisata di Lombok yang harus dikunjungi.

Berhubung belum bisa main ke Lombok, ternyata di Blitar ada pantai yang keindahannya nggak jauh beda dengan pantai-pantai yang ada di Lombok loh! Blitar serasa Lombok! Namanya Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit, yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Lumayan, nggak jauh dari rumah. hehe

Apiaí Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit, Surga Tersembunyi di Balik Nama Horrornya

Banyak versi mengenai mengapa dinamakan Gondo Mayit. Ada yang bilang kalau disini ditemukan bau wangi di sekitar makam yang terdapat di sekitar puncak bukit yang ada di pantai ini. Ada pula versi yang mengatakan jika dulunya banyak ditemukan mayat disekitar pantai, sehingga menimbulkan aroma mayat yang terkenal anyir (Gondo: aroma, Mayit: Mayat). Meski nama pantai ini membuat banyak orang bergidik ngeri, tapi sesungguhnya pantai ini menyimpan pemandangan yang sungguh sayang jika dilewatkan begitu saja.

Ness Ziona Lokasi Pantai dan Akses Jalan

Lokasi Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit ini berada di sebelah timur Pantai Tambakrejo, dengan jarak tempuh sekitar 1 hingga 1,5 jam dari Blitar Kota. Dari arah jembatan Kademangan, mengambil arah ke kiri, kemudian terus mengikuti arah petunjuk menuju Pantai Tambakrejo.

Sebelum memasuki area Pantai Tambakrejo, terdapat sebuah pertigaan. Untuk menuju Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit, hanya perlu mengambil arah ke kiri, dan jalan lurus sekitar 800 meter. Kemudian belok gang ke kanan, hingga menemukan area pantai.

Akses jalannya cukup mudah. Dapat dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat.

Hidden Paradise in Blitar!

Jika dibandingkan dengan Pantai Tambakrejo, pantai ini memang cenderung sepi. Tapi justru itu yang membuat pantai ini terkesan pantai yang privat. Serasa milik sendiri 😀 hanya mungkin ramai jika hari-hari tertentu dan hari libur nasional.

Tak salah jika ada menyebutkan pantai ini merupakan salah satu replika dari pantai-pantai yang terdapat di  Lombok. Karena memang benar, pantai ini memiliki pasir yang putih bersih dibandingkan dengan pantai-pantai Blitar lainnya. Jika tidak salah ingat, pantai ini merupakan salah satu pantai terindah yang ada di Blitar.

Tak cukup disuguhkan dengan pasir pantainya yang menawan, pemandangan lautnya pun juga tak kalah menarik. Air lautnya yang bening, sangat serasi jika dipadukan dengan putihnya pasir pantai ini.

Hal selanjutnya yang dapat dinikmati ketika berkunjung di Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit, tentu saja pemandangan matahari terbenam alias sunset. Di pantai ini, kita dapat menikmati sunset yang keindahannya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Cukup apik, terutama jika dinikmati di sekitar bukit-bukit yang ada di sisi barat dan timur pantai.

Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit memiliki ombak yang cukup besar, tapi masih dalam batas aman, kok. Jadinya aman banget jika ingin bermain air disini.

Fasilitas

Sebuah pantai tak lengkap rasanya jika tidak disediakan berbagai fasilitas yang menunjang. Untungnya, Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Terdapat warung-warung di pinggir pantai yang menjual aneka kuliner khas laut seperti ikan bakar dan berbagai olahan seafood lainnya.

Untuk musala, juga tersedia di deretan warung-warung. Dan tempatnya bersih, kok. Aman sekali.

Fasilitas lainnya yang biasanya dicari ketika bermain di pantai adalah toilet dan WC umum! Cukup banyak disediakan di pantai ini, yang tempatnya lumayan bersih. Cukup membayar 2000 rupiah saja untuk BAB/BAK, dan 5000 rupiah jika menginginkan mandi.

Tiket masuk ke Pantai Putih Pasetran Gondo Mayit dibandrol dengan harga cukup murah, 7000 rupiah saja per kepala. Bahkan jika hari biasa, terkadang malah gratis. Hanya membayar parkir saja 😀

Jadi, kapan mau berkunjung ke Pantai Blitar rasa Lombok,  Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit?

Leave a Comment