Menikmati Keindahan Kawah Gunung Kelud

Gunung kelud merupakan salah satu gunung api yang masih aktif, meskipun begitu keindahan gunung ini memiliki daya tarik sendiri untuk para wisatawan. Saat ini pemerintah kabupaten Blitar juga sedang rebutan dengan pemerintah kabupaten Kediri atas kepemilikan puncak gunungnya. Gunung yang baru saja meletus tahun lalu ini menarik untuk dikunjungi.  Apakah kamu sudah pernah datang ke tempat ini? Kalau kamu seorang petualang, tidak ada salahnya untuk mencoba melewati rute pendakian gunug kelud, karena gunung kelud merupakan salah satu destinasi wisata di Blitar yang wajib dikunjungi.

Cara Menuju Gunung Kelud

gunung kelud dari pos 3
gunung kelud dari pos 3

Apabila ingin dengan mudah mencapai gunung Kelud, anda bisa melewati kecamatan Wates Kediri. Jalan sudah memang telah disediakan untuk wisatawan, namun aksesnya terbatas tidak bisa sampai bibir kawah. Apabila anda ingin mencapai bibir kawah, anda bisa naik melewati Karangrejo, Garum, Blitar atau melalui Tulungrejo, Gandusari, Blitar. Rute ini tidak untuk wisatawan biasa, namun cocok untuk yang suka bertualang.

Beberapa waktu lalu ketika upacara di gunung kelud, kami melewati Tulungrejo, Gandusari, Blitar. Rute ini memakan waktu yang lumayan lama. Untuk mencapai pos 3 membutuhkan waktu sekitar 3 Р4 jam. Dan dari pos 3 untuk mencapai bibir kawah membutuhkan waktu sekitar 1 Р2 jam perjalanan. Semuanya jalan kaki. Tidak ada penjual makanan dan cukup jauh dengan sumber mata air. Jadi apabila ingin ke sini, disarankan membawa bekal secukupnya dan jangan lupa membawa trashbag untuk membawa turun lagi sampahnya. Untuk perjalanan turun dari pos 3 membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja. Pastikan kondisi fisik anda sedang baik apabila ingin menggunakan rute ini.

Peta Pos Perijinan Gunung Kelud

Sebelum pendakian, anda harus mendaftarkan diri di pos perijinan. Saat ini anda tidak akan dikenakan biaya sama sekali saat mendaki, namun apabila anda membawa kendaraan akan dikenakan parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk roda dua. Lokasi pos perijinan di desa tulungrejo kurang lebih berada pada tanda yang ada di peta berikut ini

Rute ini khusus untuk para pendaki maupun petualangan, kalau untuk yang piknik sangat tidak disarankan melewati rute ini karena jalan kaki menanjak dan membutuhkan stamina, serta kondisi fisik yang benar-benar kuat. Jadi jangan bertindak ceroboh karena akan merepotkan banyak orang.

Foto Foto di Gunung Kelud Pasca Erupsi 2014

Berikut beberapa foto dokumentasi di pendakian gunung kelud melalui desa Tulungrejo, Gandusari, Blitar

sekitar kawah gunung kelud
sekitar kawah gunung kelud
Sekitar Kawah Gunung Kelud
Sekitar Kawah Gunung Kelud