Pesona Air Terjun Tirto Galuh / Kedung Malang

Update:

Kedung Malang, belakangan namanya menjadi populer dan dikunjungi banyak wisatawan domestik maupun luar. Kedung bisa disebut juga sebagai palung yang ada di sungai. Yang menjadi daya tarik di kedung malang ini adalah bebatuan diatas kedung yang membentuk seperti air terjun. Sehingga anda bisa melihat air terjun di sungai sekaligus bisa menikmati kesegaran mandi di sungai. Syaratnya hanya satu, yaitu anda bisa berenang.

Air Terjun Tirto Galuh di Sungai

air terjun tirto galuh kedung malang
air terjun tirto galuh kedung malang

Selain dikenal dengan Kedung Malang, awalnya tempat ini dikenal dengan nama Tirto Galuh. Wisata populer di Blitar ini terdiri dari susunan bebatuan di sungai yang membentuk air terjun ini memang menawarkan keindahan tersendiri. Tidak heran kalau banyak yang datang ke sini. Sangat tidak disaranakn untuk datang ke tempat ini ketika daerah sini hujan deras, takutnya akan ada air bah / banjir bandang yang bisa datang sewaktu-waktu.

Selain itu waktu paling tepat untuk datang ke tempat ini adalah pagi hari, kenapa kok pagi hari? Karena belum banyak orang yang datang sehingga anda bisa mendapatkan foto yang bagus karena lokasinya benar-benar sepi  ketika pagi.

Rute Jalan Menuju Kedung Malang /Air Terjun Tirto Galuh

Kedung Malang / Tirtogaluh sebenarnya tidak terlalu jauh dari Monumen Trisula yang sudah kami ulas sebelumnya. Mungkin anda bisa melakukan perjalanan dari Blitar – Monumen Trisula – Kedung Malang dan dilanjutkan ke Pantai Pangi / Goa Embultuk. Karena ini rute yang memutar dan akan kembali ke perempatan gawang.

Dari Blitar kota silakan lewat kademangan sampai tiba di perempatan gawang. Ikuti terus jalan tersebut hingga anda melewati monumen trisula. Lanjutkan perjalanan terus hingga anda menemukan pertigaan yang mana terdapat informasi lokasi air terjun tirto galuh yang berjarak sekitar 500 meter dari pertigaan tersebut.

rute kedung malang tirtogaluh
rute kedung malang / air terjun tirto galuh

Apabila anda bingung dengan lokasi persisnya Air terjun Tirto Galuh / Kedung Malang ini, anda bisa mengikuti peta ke arah kedung malang di bawah ini.

Untuk menuju lokasi air terjun tirto galuh / kedung malang ini anda diharuskan untuk berjalan kaki sekitar 300 – 500 meter. Jalanan tanah ini akan becek apabila hujan baru saja reda sehingga. Bisa dibilang jalan kaki untuk menuju tempat ini tidak terlalu sulit. Uang yang perlu anda keluarkan untuk datang ke lokasi ini hanya untuk parkir. Untuk roda dua hanya sebesar dua ribu rupiah.

jalan ke kedung malang tirto galuh
jalan ke kedung malang tirto galuh

Anda harus berhati-hati apabila berada di kedung malang, karena anda bisa saja tergelincir seperti yang terjadi kepada pengunjung beberapa waktu yang lalu. Meski tidak terluka namun ya cukup sakit apabila tergelincir di batu. Yang ditakutkan adalah apabila anda tergelincir dari atas air terjun. Jadi lebih baik berhati-hati apabila sedang berada di lokasi ini.

Semoga informasi wisata air terjun di Blitar ini bisa menambah destinasi wisata yang ingin anda kunjungi, dengan begitu anda bisa menikmati liburan asyik di Blitar yang belum terlalu ramai seperti kota-kota lain

Credits foto : Instagram 95Caesar

%d bloggers like this: