Aneka Wisata Menarik di Blitar, Kota Sang Proklamator

Seiring perkembangan zaman, Blitar kini tumbuh menjadi kota yang semakin modern. Kota Proklamator ini juga memiliki potensi wisata yang cukup besar. Tidak heran jika Blitar saat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia. Perkembangan pariwisata yang ada di Blitar juga diimbangi dengan pembangunan akomodasi yang cukup signifikan.

Sekarang ini, sudah banyak hotel di Blitar yang menawarkan pengalaman menginap yang berbeda kepada para wisatawan yang datang berkunjung. Beberapa hotel yang tersedia di Blitar dapat dilihat di https://www.traveloka.com/hotel/indonesia/city/blitar-103566. Hotel-hotel tersebut juga bisa langsung dipesan lewat aplikasi Traveloka dengan mudah. Jadi, para pelancong yang berkunjung ke Blitar tidak akan kesusahan lagi dalam mencari penginapan yang sesuai.

Blitar memiliki banyak sekali tujuan destinasi wisata yang sangat menawan. Tempat-tempat wisata di Blitar bisa dikelompokkan ke dalam beberapa paket wisata yang bisa dikunjungi bersama dengan keluarga, seperti

Wisata Pantai

pemandangan pantai tambak rejo
salah satu sudut pantai tambak rejo

Ingin merasakan serunya bermain air dan berjemur di bawah sinar matahari? Blitar memiliki banyak wisata pantai yang dapat dipilih sesuai selera. Beberapa pantai yang direkomendasikan untuk dikunjungi, di antaranya adalah

  1. Pantai Tambakrejo
    Pantai ini merupakan primadona wisata Kota Blitar. Setiap akhir pekan, pantai ini selalu ramai dikunjungi, baik oleh wisatawan dari dalam Blitar hingga para wisatawan yang berasal dari luar Pulau Jawa. Pantai ini jaraknya sekitar 30 Km dari Kota Blitar dan dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan dari pusat kota. Lokasi persisnya berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Di pantai dengan panjang sekitar 10 Km ini, Anda tidak perlu ragu atau takut ketika akan mandi atau bermain air. Hal ini karena ombak di Pantai Tambakrejo tidak terlalu besar.
  2. Pantai Serang
    Bermain air dan pasir bersama dengan anak-anak pasti akan sangat menyenangkan. Hal tersebut tentu sangat mudah dilakukan ketika sedang berwisata pantai di Blitar. Di Pantai Serang, Anda dan keluarga dapat bermain air dan pasir sepuasnya. Tidak perlu khawatir karena bibir pantainya yang panjang dan ombaknya yang cukup rendah membuat Pantai Serang cukup aman. Hamparan pasir putih nan halus juga membuat panorama pantai menjadi lebih indah.
  3. Pantai Peh Pulo
    Pantai yang berada di daerah Panggung Rejo ini dapat ditempuh dengan jarak 90 menit dari pusat Kota Blitar. Medan yang harus dilalui untuk dapat sampai ke tempat ini memang terbilang masih sulit, tetapi jerih payah tersebut terbayarkan ketika melihat keindahan pantai dan merdunya suara ombak yang bergulung di Pantai Peh Pulo ini.

Wisata Sejarah

makam bung karno
makam bung karno

Blitar juga dikenal akan kekayaan sejarahnya. Terbukti dengan banyaknya temuan-temuan arkeologis yang ada di Blitar. Wisata jenis ini cocok dilakukan untuk mengenalkan sejarah dengan cara yang menyenangkan kepada anak-anak. Beberapa lokasi wisata sejarah yang ada di Blitar di anaranya adalah:

  1. Candi Penataran
    Candi Penataran berada tepat di bawah kaki Gunung Kelud sehingga membuat udara di sekitarnya menjadi sejuk. Menurut sejarahnya, di tempat inilah Mahapatih Gajahmada mengucapkan Sumpah Palapa yang terkenal itu. Kompleks candi ini merupakan percandian yang paling terawat di wilayah Jawa Timur. Fungsi dari Candi Penataran yang berada di dataran tinggi ini adalah sebagai tempat pemujaan agar terhindar dari bahaya letusan Gunung Kelud.
  2. Candi Sawentar
    Candi ini tersebut di dalam Kakawin Negarakertagama karya Empu Prapanca. Pada kakawin tersebut, Candi Sawentar disebut dengan nama Lwa Wentar. Candi yang mendiami lahan seluas 1.565 meter persegi ini terbilang unik karena seperti berada di tengah-tengah kolam. Meskipun bangunannya tinggi, tetapi tidak terlalu terlihat begitu menjulang. Candi ini terbuat dari batuan andesit dan memiliki pintu masuk di sebelah barat.
  3. Makam Bung Karno
    Disebut sebagai Kota Proklamator karena di kota inilah, Bung Karno, sang proklamator dan presiden pertama Indonesia dimakamkan. Tempat wisata sejarah yang satu ini tentu tidak boleh dilewatkan begitu saja. Berlokasi di Desa Bendogerit, sekitar 3 Km dari pusat Kota Blitar. Di area makam ini juga terdapat perpustakaan yang berisi koleksi buku dan tulisan tangan beliau. Ada juga museum yang memiliki koleksi berbagai benda milik Bung Karno.

Selain wisata pantai dan sejarah, masih ada lagi berbagai paket wisata menarik lainnya, seperti wisata alam dan wisata kuliner yang wajib dilakukan. Setelah lelah berkeliling Kota Blitar, pulihkan lagi stamina yang terkuras dengan beristirahat di penginapan pilihan yang ada. Hotel di Blitar juga memiliki fasilitas dan pelayanan yang lengkap seperti hotel di kota-kota besar lainnya.

%d bloggers like this: