Candi di Kawasan Perkebunan Teh Sirah Kencong

Update:

Selain memiliki air terjun dan pantai, anda masih bisa menemukan banyak sekali variasi tempat wisata di Blitar yang layak dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah perkebunan teh sirah kencong. Pada artikel sebelumnya, kami sudah pernah menuliskan tentang air terjun yang terletak di kawasan sirah kencong. Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi tentang keindahan kebun dan candi di kawasan sirah kencong yang secara administratif masih termasuk dalam kawasan desa Ngadirenggo, Kec. Wlingi Kab. Blitar.

Candi Sirah Kencong di Hamparan Kebun Teh

Kebun Teh Sirah Kencong
Kebun Teh Sirah Kencong

Candi penataran merupakan candi yang paling populer di Blitar, selain candi tersebut masih ada banyak sekali candi salah satunya yang ada di perkebunan sirah kencong. Warga sekitar menyebut candi ini sebagai candi sirah kencong. Sebuah candi yang tidak terlalu besar di lereng gunung kawi dan terletak di ketinggian sekitar 1100 mdpl ini memiliki pemandangan yang cukup menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Hamparan perkebunan teh dengan alur yang sedemikian rupa selain memanjakan mata dengan hijaunya kebun teh juga memberikan hawa segar di kawasan perkebunan sirah kencong. Anda bisa menikmati kawasan ini bersama keluarga maupun kerabat terdekat.

candi sirah kencong
candi sirah kencong

Ditemukan pada tahun 1967, candi ini pernah dipugar oleh Dinas Purbakala Jawa Timur tetapi kondisinya memang tidak memungkinkan untuk direkonstruksi seutuhnya karena hanya tersisa kaki dan tubuh candi.

Pada dinding tubuh candi sebelah timur dipahatkan relief cerita Bubuksah-Gagangaking. Terdapat hiasan relief ular naga. Bangunan berikutnya dihiasi dengan gambar tiga orang raksasa yang bentuknya mencirikan identitas tokoh Bima dalam pewayangan.

Relief dinding candi sebelah selatan menggambarkan dua orang dengan laut sebagai latar belakangnya, sementara pada relief dinding candi sebelah timur digambarkan seorang pendeta yang tengah berhadapan dengan cantriknya, diperkirakan menggambarkan Bima yang sedang menghadap gurunya Begawan Durna untuk menanyakan keberadaan tirtamerta.

Sumber : Ramelan, Wiwin Djuwita Sudjana, dkk. 2013. Candi Indonesia Seri Jawa. Jakarta: Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman

Cara Menuju Candi Sirah Kencong

Untuk menuju tempat ini ada 2 jalur, jalur pertama melalui area perkebunan kawisari dengan jalan yang cukup sulit di lewati apalagi untuk kendaraan roda 4 yang pendek. Karena jalan berbatu yang terjal. Ada baiknya anda melewati kawedanan Wlingi supaya bisa menuju perkebunan ini dengan jalan yang relatif lebih mudah. Berikut rute-rute yang bisa ditempuh apabila anda ingin menuju candi sirah kencong yang terletak di kawasan perkebunan PTPN XII Sirah Kencong Blitar

Semoga dengan mengikuti peta diatas anda bisa sampai dengan tujuan. Apabila naik kendaraan roda empat, pastikan anda memilih jalur yang melalui tegalasri, karena itu jalur yang paling mudah untuk kendaraan roda berapapun. Meski di sana ada orang yang berjualan, anda bisa membawa bekal sendiri dan mencoba sensasi piknik di kawasan perkebunan teh yang sejuk. Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas sirah kencong berupa teh hitam premium ken tea. Di sana lah pabrik dari teh premium ini.

%d bloggers like this: