Brak Papat Sirah Kencong, Tempat Camping Asyik di Perkebunan Teh Blitar

Update:

MBLITAR.NET – Kebun Teh Sirah kencong memang menawarkan banyak sekali destinasi wisata dalam satu kawasan, mulai dari Air Terjun Sirah Kencong yang kini telah dikelolah oleh Perhutani, Candi Sirah Kencong yang merupakan peninggalaan kerajaan hindu di Blitar dan keindahan kebun teh sirah kencong yang terhampar luas. Selain berbagai macam destinasi tersebut, anda juga bisa lho melakukan aktivitas camping di kawasan sirah kencong. Penasaran dan pengen tahu tempatnya?

Brak Papat Tempat Camping di Kebun Teh Sirah Kencong

Gn Kelud dari Brak Papat
Gn Kelud dari Brak Papat

Untuk anda yang suka dengan kegiatan camping di ketinggian, sirah kencong merupakan salah satu tempat yang bisa dijadikan referensi camping di Blitar selain di Gunung Kelud. Apabila ingin camping dengan pemandangan keren di Sirah Kencong ada satu tempat yang dinamakan Brak Papat. Jaraknya sekitar satu jam perjalanan dengan berjalan kaki dari pintu masuk sirah kencong.

Perjalanan dari bawah bisa mengikuti jalan truck menuju kawasan brak papat, dan memotong jalan naik setapak di belakang vila sirah kencong. Jalan setapak hanya ada satu yang bisa terus diikutin. Ada baiknya bertanya ke warga sekitar / satpam untuk jalan menuju brak papat. Sehingga anda tidak tersasar kalau mau camping di atas. Selain itu, anda juga perlu laporan terlebih dahulu ke petugas di pos apabila ingin camping di brak papat ini. Tidak ada biaya tambahan selain biaya masuk satu orang empat ribu dan roda dua dua ribu.

Brak Papat terletak di ketinggian 1340M dpl. Dari ketinggian ini anda bisa melihat megahnya gunung kelud yang tampak seperti sebuah candi raksasa di Borobudur, Magelang. Dengan hamparan kebun teh yang hijau membuat mata anda sejuk memandang sudut manapun. Tatkala malam, anda juga bisa melihat lampu-lampu dibeberapa kawasan di Kabupaten Blitar.

Brak Papat Sirah Kencong di Malam Hari
Brak Papat Sirah Kencong di malam hari

Apabila anda ingin camping di sini, kami sarankan untuk mempersiapkan sleeping bag. Karena udara di atas dingin. Selain itu terdapat sumber mata air yang berjarak sekitar 1 km dari brak papat. Sampai saat ini belum ada petunjuk jalan untuk menuju sumber air. Namun apabila dalam satu rombongan terdiri dari empat orang dan masing-masing membawa 2 botol air mineral besar (ukuran 1.5l) sudah cukup untuk satu malam.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk menikmati camping di brak papat sirah kencong ini? Kalau kurang tertarik, anda bisa mencoba cari tempat wisata Blitar lain yang mungkin cocok untuk mengisi liburan and di Blitar.

Video Camping Ceria di Brak Papat Sirah Kencong

Leave a Comment